Jangan Langsung Buka Handphone Pas Baru Bangun Tidur

Written by on November 13, 2019

Jaman sekarang yang semua nya serba digital, siapa sih yang bisa jauh-jauh dari yang namanya handphone? Pasti Kawan Muda juga selalu dekat sama handphone selama 24 jam kan? Pas tidur aja, pasti banyak diantara kamu yang handphone nya di taruh di samping bantal.

Kalau jauh dikit sama hp, pasti gak bakalan bisa beraktivitas dengan tenang. Hal seperti ini sudah sangat bisa dirasakan di sekeliling kita kok. Semenjak adanya smartphone dengan segala macam fitur nya yang canggih, pastinya banyak diantara kita yang melek langsung ngecek hp. Entah cuma matiin alarm, ngecek jam berapa, ngelihatin notifikasi yang masuk, atau langsung scrolling media sosial.

Hal seperti ini sebenarnya wajar kok Kawan Muda. Tapi, usahakan tiap pagi dikurangi ya kebiasaan ngecek hp nya. Karena banyak efek negative yang bisa merugikan diri kita sendiri. Yuk di lihat apa-apa aja efek negative nya.

1. Produktivitas kamu bakal keganggu

Kalau udah ngeliat hp banyak notifikasi yang masuk, otomatis otak kita akan langsung menerima banyak informasi yang beragam sehingga kita bingung nih apa yang harus di prioritaskan lebih dulu. Kemampuan untuk fokus juga bisa menurun yang akhirnya bisa mengacaukan produktivitas kita.

Daripada buka hp, ada baiknya kita ngelakuin hal yang lebih bermanfaat. Kaya peregangan, ngehirup udara segar, atau melakukan kewajiban lain seperti sholat shubuh misalnya.

2. Mata kamu bakal lelah

Mata kamu baru aja kelar dari istirahat, tapi malah terkena radiasi dari handphone. Ini gak baik Kawan Muda. Cahaya biru yang masuk ke dalam mata pas mata baru kebuka, bisa ngebuat mata kamu jadi lelah, kering atau tegang. Kalau hal ini dilakuin terus menerus, mata kamu bisa jadi rabun jauh.

Kasih dulu waktu sejenak untuk mata mu supaya kembali segar dengan cara menjauhkan handphone ketika baru bangun tidur. Soalnya, kalau mata udah lelah, kita juga bakal lebih males ngelakuin kegiatan selanjutnya.

3. Merubah suasana hati

Ngelihat hp pas baru bangun tidur juga bisa ngerubah mood kamu loh Kawan Muda. Kalau aja ada informasi yang kurang enak, maka itu akan berpengaruh di mood kamu. Kamu bisa aja langsung cemas atau bingung sendiri. Nanti bakal merasa terbebani bahkan sebelum memulai aktivitas.

4. Lupa ngerjain kewajiban atau nunda-nunda hal yang harus dilakuin

Karena keasikan scrolling media sosial, jadinya pagi kamu kurang produktif. Awalnya sih pengen ngeliat sebentar, eh taunya udah bermenit-menit ngelihatin hp. Hal ini bisa berpengaruh ke aktivitas selanjutnya, yang menyebabkan kita gak bisa produktif di pagi hari.

Demi mendapatkan pagi yang berkualitas, baiknya dari sekarang kamu udah ngurangin ya langsung ngecek handphone habis bangun tidur. Iya emang susah, tapi gak ada salah nya untuk dicoba kan? Kegiatan positif yang dilakukan selain main hp, pasti punya manfaat yang besar di hidup mu kok. Selamat mencoba ya, Kawan Muda.(ann)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Continue reading

[There are no radio stations in the database]