Memperingati HUT RI, Bank Indonesia Menerbitkan Uang Rp75.000

Written by on August 18, 2020

Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia dan kemarin (17/08/2020), merupakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75. Upacara kemerdekaan di Istana Negara yang dihadiri Presiden Joko Widodo ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Sayangnya, rakyat Indonesia hanya dapat melihat upacara ini secara online melalui streaming untuk menghindari penyebaran Covid-19. Dalam rangka mempengeringati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75 ini, Bank Indonesia menerbitkan uang lembar seharga Rp75.000 yang hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Uang kertas Rp75.000 ini memiliki perpaduan warna merah, putih, dan hijau. Uang ini memiliki tema memperteguh kemerdekaan, memperkuat persatuan, dan menyongsong masa depan gemilang. Pada lembar bagian depan, terdapat peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan tampilan wajah proklamator Indonesia, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta. Uang ini juga menggambarkan pembangunan yang telah tercapai setelah 75 tahun Indonesia merdeka. Ada gambar jembatan, MRT, dan juga gambar Tol Trans Jawa di dalamnya.

Di lembar belakang, terdapat sembilan anak-anak kecil yang berpakaian adat tradisional dari berbagai wilayah di Indonesia. Gambar tersebut untuk memperkuat persatuan dan memperteguh kemerdekaan sehingga anak-anak kecil yang berasal dari bermacam suku/etnis dapat menjadi SDM unggul dan mampu membawa Indonesia sukses di masa depan. Pakaian adat mewakili kekayaan budaya yang dimiliki berbagai provinsi di Indonesia. Selain itu, terdapat gambar satelit merah putih yang memiliki makna menyongsong masa depan gemilang di era digital seperti sekarang.

“Sebagai wujud syukur dalam perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75, dalam hal ini Menteri Keuangan dan Bank Indonesia mengeluarkan uang kemerdekaan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengenai penerbitan uang Rp75.000 tersebut.

Penulis : Rangga

Editor: Dizar

Sumber referensi : kompas.com

Sumber gambar : cnnindonesia.com


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]