Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang, Mata Kuliah Gerakan Sosial Kelompok 2 Mengajak Warga Desa Durek untuk Mengolah Sampah Organik Menjadi Kompos

Kawan Muda, lagi dan lagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang membawa gebrakan positif buat masyarakat nih! Kali ini datang dari program studi Hubungan Internasional dalam rangka penerapan mata kuliah Gerakan Sosial yang diampu oleh Bapak Ruli Inayah. Dengan beranggotakan 10 orang, kelompok 2 mengajak para warga di desa Durek untuk melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos.

Praktikum ini dilakukan bukan tanpa tujuan, loh. Harapannya, akan ada gerakan sosial kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat. Juga diharapkan kerja sama ini mampu menciptakan inovasi baru terkait pengolahan sampah dan membawa manfaat secara berkepanjangan di depan nanti.  Pastinya positif sekali arah akhir praktikum ini. Keren sekali ya Kawan Muda! 

Adapun kegiatan yang paling pertama terwujud sekaligus menjadi pembuka dari segala rangkaian kegiatan selanjutnya adalah perkenalan dan sosialisasi. Bertempatkan di dusun Durek, desa Giripurno, kecamatan Bumiaji, kota Batu, kelompok 2 datang untuk survey sekaligus memberi surat izin pada kepala dusun. Kemudian dilanjutkan dengan menyampaikan rencana mengenai pengelolaan sampah. Dapat dilihat bahwa rencana yang dibawa tidak serta merta diterapkan ya Kawan Muda, tapi perlu adanya persetujuan dari pihak terkait. Selain itu, perlu juga melakukan perkenalan pada masyarakat sekitar agar pelaksanaan bisa berjalan dengan adanya keakraban.

Setelah lancarnya tahapan awal, para mahasiswa kelompok 2 sudah dapat lampu hijau untuk berlanjut ke tahap inti, yaitu pengelolaan sampah organik yang diolah langsung dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dusun Durek. Mereka tidak hanya berjalan sendiri, Kawan Muda. Ada Mas Pram selaku ketua bank sampah dan kepala dusun yang turut membantu mengkoordinator masyarakat, khususnya ibu rumah tangga.

Memang ya, perlu ada yang mengambil langkah mengenai pengelolaan limbah maupun sampah agar kehadirannya tidak mengganggu. Begitu lah yang dilakukan oleh kelompok 2 dalam praktikum mata kuliahnya kali ini. Semoga tujuan dan harapan dari rangkaian kegiatan ini tercapai ya, Kawan Muda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top