Menyulam Warisan Budaya: Pelatihan Membatik dan Pengenalan UMKM Batik Kembang Tanjung bersama Mahasiswa PMM UMM

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiwa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sampai saat ini masih berjalan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini kegiatan positif datang dari kelompok 102 gelombang 2, dengan dosen pembimbing bapak Nafik Muthohirin, S.Pd.I., MA, Hum. Pengabdian oleh kelompok 102 gelombang 2 dilaksanakan di SD Al-Irsyad, Kecamatan Sisir, Kota Batu. Kawan Muda kegiatan ini dinamai dengan “Pelatihan Membatik Serta Pengenalan Wastra UMKM Kembang Tanjung Terhadap Masyarakat Sekitar”.

Kelompok 102 gelombang 2 dengan beranggotakan lima orang mahasiswa Universitas Muhammdiyah Malang yaitu Rayyan Pilardy (Ilmu Komunikasi), Vito Satriya Bagus. P (Ilmu Komunikasi), Muhammad Rizki Tegar (Ilmu Komunikasi), Novi Amalia Putri (Hubungan Internasional), Rara Febria Regia Anandri (Hubungan Internasional). Kegiatan ini dimulai pada hari Selasa, 6 Februari 2024, dari jam 08.30 hingga 11.30 dengan melakukan program kerja yaitu memfokuskan edukasi dan memperkenalkan bahwa batik yang berkualitas bisa didapatkan di daerah sekitar. Kegiatan ini bekerjasama dengan UMKM Kembang Tanjung, untuk melakukan program kerja yaitu “Pelatihan Membatik Serta Pengenalan Wastra UMKM Kembang Tanjung Terhadap Masyarakat Sekitar yang dilaksanakan di SD Al – Irsyad, Kecamatan Sisir, Kota Batu”.

Kegiatan ini diawali dengan memperkenalkan mengenai apa saja batik khas dari Kembang Tanjung, yang dijelaskan langsung oleh Ibu SOfi Hidayah selaku founder dari Kembang Tanjung. Selanjutnya kegiatan kedua yaitu melakukan praktik jumputan, yang dilakukan langsung oleh para siswi di kelas 5C SD Al-Irsyad dan untuk memeriahkan kegiatan ini para anggota dari kelompok 102 gelombang 2 memberikan game untuk para siswi kelas 5C . Kegiatan ini diakhiri dengan kesan dan pesan yang ditulis oleh adik-adik kelas 5C yang diperuntukkan kepada para anggota PMM kelompok 102 dan tanggapan tentang kegiatan yang sudah mereka lakukan di hari tersebut.

Kawan Muda, tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada audience (siswi SD Al-Irsyad) tentang bagaimana batik khas UMKM Kembang Tanjung diproduksi sekaligus memperkenalkan Wastra UMKM Kembang Tanjung kepada siswa-siswi, guru dan staf SD Al-Irsyad. Wahh, sangat menarik sekali ya Kawan Muda kegiatan yang telah dilakukan oleh kelompok 102 gelombang 2 ini dan juga tentunya ini menjadi pembelajaran yang sangat menarik sekali yang telah di dapatkan oleh SD Al-Irsyad mengenai warisan kita di Indonesia yaitu mengenai wastra.

Editor: Fadhila Naili (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top