Mahasiswa PMM UMM Gencar Sosialisasikan Etika Media Sosial kepada Siswa MI Wahid Hayim III: Memperkuat Kesadaran Digital Sejak Dini

Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa (PMM) membantu memberikan sosialisasi mengenai etika dalam media sosial kepada siswa MI Wahid hasyim III, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Miuhammadiyah Malang (UMM).

Para mahasiswa di bawah bimbingan dosen Luqman Dzul Hilmi, S.E., MBA. Itu merupakan kelompok 47 Gelombang 3 yang beranggotakan lima orang yang diketuai oleh Maulana Rayya Fahreza(NIM 2021-178) dan beranggotakan Arida Prihatini (NIM 2021-181), Naila Putri Yuaninda (NIM 2021-166), dewi Nur Maulida (NIM 2021-148), dan Reza farisa Febrianti (NIM 2021-160).

Di tengah perubahan dinamis dalam penggunaan media sosial, pengetahuan tentang etika digital menjadi semakin penting, terutama bagi generasi muda. Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perilaku yang etis di dunia maya, kelompok 47 gelombang 3  PMM Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah memulai inisiatif dengan melakukan sosialisasi di MI Wahid Hasyim III.

Mengunjungi MI Wahid Hasyim III, para mahasiswa PMM UMM menghadirkan sesi interaktif yang berfokus pada pentingnya etika dalam menggunakan media sosial. Dalam presentasi mereka, mereka membahas berbagai topik, mulai dari perlunya menghormati privasi orang lain, menghindari penyebaran berita palsu (hoax), hingga membangun budaya saling menghargai di dunia maya.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap dapat membantu siswa SD memahami bahwa media sosial bukan hanya tentang berbagi foto atau cerita, tetapi juga tentang bertanggung jawab atas setiap tindakan online mereka,” ujar Rayya, salah seorang mahasiswa PMM UMM yang terlibat dalam kegiatan ini.

Sesi interaktif itu mencakup permainan peran, diskusi kelompok, dan presentasi visual yang dirancang untuk memastikan bahwa pesan tentang etika media sosial disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa SD.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top