Peduli Lingkungan Mahasiswa UMM Menanam Tanaman di Sekolah Bersama Siswa Siswi SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, masih berjalan hingga saat ini. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Kali ini datang dari kelompok 89 gelombang 6 dengan dosen pembimbing bapak Iqbal Ramadhani Fuadiputra, S.E., M.SM. yang dilaksanakan SDN Sumberkradenan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, dengan kegiatan yaitu “Penanaman Tanaman”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2024 dari pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Dimana kegiatan ini dilakukan pada minggu ke-empat dengan melakukan kegiatan penanaman bersama siswa siswi SDN Sumberkradenan, selanjutnya diarahkan untuk memindahkan tanaman dari polybag ke pot bunga yang telah disediakan. Tanaman yang telah disediakan oleh kelompok 89 gelombang 6 yaitu ada tanaman hias bunga matahari mini atau butter daisy (Melampodium Paludosum). Dengan adanya kegiatan ini kelompok 89 gelombang 6 kepada siswa siswi SDN Sumberkradenan agar menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan, terutama pada tanaman serta menumbuhkan rasa keindahan dan kebersihan lingkungan bagi para siswa.

Anggota dari kelomok 89 gelombang 6 yang turut aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang oleh mahasiswa dilakukan di SDN Sumberkradenan ini beranggotakan 5 orang, yang terdiri dari Galih Fathuroni (Manajemen), Ratna Afidatul (Manajemen),  Adinda Mareza (hukum), Viradelia Ananda (hukum), Rafli Radiansyah (hukum).

Kawan Muda, tentunya dari kegiatan ini bertujuan untuk memperindah lingkungan sekolah dan memberi rasa sejuk, karena dikelilingi oleh tanaman yang indah. Selain itu, kegiatan ini juga untuk menambah kegiatan lain bagi siswa agar dapat merawat dan memelihara tanaman yang ada di lingkungan sekolah mereka, selain itu juga proses belajar mengajar di SDN Sumberkradenan ini menjadi nyaman dikarenakan dengan adanya tanaman-tanaman, yang telah mereka tanam membuat SDN Sumberkradenan menjadi asri.

Sangat menarik sekali ya Kawan Muda kegiatan yang telah dilakukan oleh kelompok 89 gelombang 6 ini, mengajarkan bagaimana memprindah lingkungan sekolah SDN Sumberkradenan serta mengajarkan kepada siswa siswi agar lebih mencintai alam lagi, untuk keselamatan bumi kita dimasa depan. 

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top