Meningkatkan Brand Image dan Wawasan melalui Edukasi Pemasaran Sosial Media UMKM Kembang Tanjung

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) memberikan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang berdampak postif pada masyarakat. Salah satu kegiatannya yaitu “Memberikan Materi Edukasi Pemasaran Menggunakan Sosial Media” yang dilakukan oleh mahasiswa kelompok 102 gelombang 2, dengan dosen pengampu mata kuliah yaitu bapak Nafik Muthohirin, S.Pd.I., MA, Hum. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang.

Kawan Muda, kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Januari 2024 pada pukul 09.30 hingga 11.00 WIB, di UMKM Kembang Tanjung, Kec. Sisir, Kota Batu. Memberikan program kerja dengan tema “Branding dan Strategi Pemasaran” salah satu permasalahan dari UMKM Kembang Tanjung. Nah, Kawan Muda seperti yang kita tahu bahwa branding dan strategi pemasaran merupakan suatu hal yang penting bagi perusahan besar maupun kecil, selain itu juga salah satu langkah yang harus dipikirikan jika kita ingin membangun suatu usaha yang mempunyai jangka panjang.

“Setelah kami survey, ternyata terdapat suatu masalah yang menurut kami sangat riskan bagi perkembangan UMKM Kembang Tanjung ini” ujar Rayyan Pilardy, ketua PMM dari kelompok 102 gelombang 2.

Maka dari itu kelompok 102 gelombang 2 memberikan edukasi materi selama 1 jam 30 menit, dimana isi dari edukasi ini yaitu memberikan penjelasan dan pemaparan materi singkat mengenai “branding dan pemasaran” yang dimana diikuti oleh semua staf UMKM Kembang Tanjung. Selain itu juga menyampaikan bahwa di era digital ini, sebagai seorang pengusaha juga harus up to date mengenai teknologi yang ada. Salah satu yang platfrom yang sangat berpengaruh terhadap suatu usaha UMKM yaitu Instagram, dimana platfrom ini bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi brand image UMKM. Selain itu juga membrikan pemahaman, menggunakan media sosial dengan baik agar tidak terjadinya suatu dampak yang negative, jika penggunaanya digunakan secara tidak tepat.

Pada kegiatan selanjutnya, dilakukan sesi diskusi bersama founder dari UMKM Kembang Tanjung. “Keterbatasan kami di bidang strategi pemasaran yaitu tidak ada yang menghandle hal tersebut, selain itu staf/ibu-ibu yang lain pun sudah punya tugas masing-masing dan kami juga bisa dibilang tidak punya waktu untuk mengurus hal tersebut” ujar ibu Sofi Hidayah. Dimana waktu adalah yang terpenting untuk melakukan bidang pemasaran dan branding.

Nah Kawan Muda, inti dari tujuan pengabdian ini yaitu memberikan solusi untuk branding dan strategi pemasaran yang beragam melalui sosial media dengan efisien, bagi staf UMKM Kembang Tanjung dan memberikan dampak yang signifikan untuk perkembangan UMKM Kembang Tanjung di masa yang akan datang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh lima orang anggota dari kelompok 102 gelombang 2 yang terdiri dari, Rayyan Pilardy (Ilmu Komunikasi), Novi Amalia Putri (Hubungan Internasional), Vito Satriya Bagus. P (Ilmu Komunikasi), Rara Febria Regia Anandri (Hubungan Internasional), Muhammad Rizki Tegar (Ilmu Komunikasi).

Kegiatan yang sangat postif sekali ya Kawan Muda, dengan adanya kegiatan ini kita jadi tahu nih, bagimana cara meningkatkan brand image dan wawasan melalui edukasi pemasaran sosial media di UMKM Kembang Tanjung ini ya.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top