Pentingnya Menyaring Berita Hoax di Era Digitalisasi

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) hingga saat ini masih terus berjalan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Nah, saat ini datang dari kelompok 55 gelombang 3 dengan tema kegiatan yaitu “Menyaring Berita Hoax di Era Digitalisasi”. Pada kegiatan pengabdian ini diampu oleh dosen mata kuliah Teknik Industri yaitu bapak Dr. Dana Marsetiya Utama, S.T., M.T.

Pada era digitalisasi ini, pastinya Kawan Muda sering sekali mendapatkan informasi-informasi yang kebenarannya perlu dipertanyakan. Maka dari itu kelompok 55 gelombang 3 dalam kegiatan pengabdian yang dilakukan pada tanggal 19 Januari 2024 hingga 19 Februari 2024, mengedukasi kepada warga Rt 06, Rw 05 Tunggulwulung, Lowokwaru, Kota Malang, tentang bagaimana cara untuk menyaring berita hoax. Kegiatan ini diawali dengan Menunjukkan poster serta menjelaskan pengertian mengenai berita bohong atau hoax, serta memberitahu mengenai undang-undang tentang digital literasi. Lalu ⁠Memberikan leafleat untuk dibaca lagi supaya tidak lupa tentang digital literasi itu penting. Menjelaskan literasi digital itu sangat penting agar tidak terkena berita hoax (tidak benar). Mengedukasi agar tidak selalu percaya jika terdapat nomor yang tidak dikenal menghubungi diri kita. Diakhiri dengan Mengenalkan aplikasi aplikasi untuk mengetahui apakah nomor tersebut penipu atau tidak.

Dengan adanya edukasi yang diberikan oleh kelompok 55 gelombang 3, bertujuan agar warga Rt 06 Rw 05 Tunggulwulung dapat menyaring berita yang benar-benar dapat dipercaya. Selain itu juga jika mendapatkan informasi bisa dengan bijak diterima baik kebenarannya. Bisa memilah dan memilih serta memahami informasi yang diterima dengan benar dan akurat. Tidak sembarangan dalam mengunduh gambar dan menerima pesan dari orang yang tidak dikenal.

Nah, Kawan Muda dalam kegiatan PMM ini dilakukan oleh lima orang anggota yang terjun kelapangan dalam memberikan edukasi yang sangat keren mengenai penyaringan berita hoax ini. Anggota tersebut terdiri dari Bryan Rizky Maulana (Teknik Informatika), Nur Dina Farisa K. (Ilmu Keperawatan), Nandira Aisyah A. M (Ilmu Keperawatan), Hanifah Alfyana Luthfi (Ilmu Keperawatan), Reza Mochammad (Ilmu Komunikasi). Serta warga sekitar RT 06, RW 05 Tunggulwulung, Lowokwaru, Kota Malang yang turut aktif dalam partispasi ini, sehingga kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa ini dapat berjalan dengan baik.

Sangat menarik dan keren sekali ya Kawan Muda, edukasi yang telah diberikan oleh kelompok 55 gelombang 3 ini. Dimana kita tahu, di era digitalisasi ini banyak sekali penyebaran informasi yang perlu dipertanyakan kebenarannya. Dengan adanya kegiatan PMM yang telah dilaksanakan oleh kelompok 55 gelombang 3, semoga edukasi yang telah diberikan dapat diterapkan dengan baik, sehingga tidak mudah terpengaruh dan mudah percaya akan berita bohong.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top