Kisah Mahasiswa PMM Memanfaatkan Strawberry Melimpah untuk Kemajuan Lingkungan dan Ekonomi Lokal Desa Pandanrejo

Program Pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Gelombang 3 Kelompok 99 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan 5 orang yaitu Mahran, Rifqi Aflah Naufal Firmansyah, Fenti Karina Agustin, Viola Rahmadini dan Muhammad Zidane Ali Saddam dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Luqman Dzul Hilmi, S.E., MBA, dengan bangga mempersembahkan cerita tentang perjalanan kami dalam mengimplementasikan program PMM kami di Lumbung Strawberry Desa Pandanrejo, Batu, Jawa Timur.

Demo cara pembuatan lilin dihadapan para pengunjung cafe

Pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan pendampingan dan pelayanan mahasiswa untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam menerapkan aplikasi, desain, teknologi atau perubahan sosial ke arah yang lebih baik. PMM dilakukan oleh mahasiswa UMM secara perorangan atau kelompok yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Desa Pandanrejo dikenal dengan kebun strawberry-nya yang subur. Gelombang 99 kelompok 3 melihat potensi besar dalam menghasilkan produk bernilai tambah dari buah strawberry, seperti lilin aroma strawberry, untuk meningkatkan daya tarik wisata lokal, terutama di Cafe Lumbung Strawberry

Nah Kawan Muda, hal yg pertama dilakukan adalah pengumpulan alat dan bahan yg diperlukan untuk membuat lilin. Selanjutnya, pencampuran minyak aroma dengan parafin sebagai bahan dasar pembuatan lilin dan mewarnainya dengan pewarna organik. Gelombang 99 kelompok 3 bekerja sama dengan pemilik Cafe Lumbung Strawberry untuk memastikan produk kelompok 3 sesuai dengan selera dan standar kualitas yang diinginkan oleh pelanggan cafe. Lilin aroma strawberry ini dapat menjadi produk yang diminati oleh pengunjung cafe, sehingga meningkatkan pendapatan bagi pemilik cafe dan memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat setempat yang terlibat dalam proses produksi.

penyerahan produk lilin kepada pihak lumbung strawberry

Setelah dilakukannya demonstrasi pembuatan lilin, kelompok 3 berikan hasil pembuatan demonstrasi tersebut kepada pihak lumbung strawberry sebagai bahan pertimbangan apakah ingin menambahakan varian penjualan dari pengolahan strawberry tersebut. Dengan berakhirnya proker ini, gelombang 99 kelompok 3 mengharapkan terdapat kenaikan kunjungan wisatawan ke lumbung strawberry karena terdapat varian penjualan bari, yaitu lilin aroma strawberry. Sehingga hal itu akan memberi keuntungan kepada pihak lumbung dan bisa mengembangkan produk baru lagi kedepannya. Wah…, program kerja yang sangat kreatif sekali ya Kawan Muda dari gelombang 99 kelompok 3 ini.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top