Program Optimalisasi Penerapan Gaya Hidup Sehat Terhadap Siswa SD Negeri Karangbesuki 1

Menjaga kesehatan merupakan hal penting terlebih dalam beberapa dekade belakangan ini Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terus digencarkan dianggap menjadi solusi akibat trauma dampak Covid 19 yang massif loh, Kawan Muda!. Menjaga kesehatan harus terus disuarakan agar kejadian duka tersebut tidak terulang lagi. PHBS adalah singkatan dari perilaku hidup bersih dan sehat didalamnya terdapat gerakan yang dilakukan dengan menjaga kebersihan serta kesehatan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang

Salah satu kelompok PMM Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang secara aktif Menerapkan gerakan PHBS ini pada Murid Kelas 1,2,3 SD Negeri Karangbesuki 1 pada 12 Februari 2024 loh, Kawan Muda!. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk tercapainya program tersebut yaitu melalui kegiatan “Healthy Day’s” dimana siswa membawa bekal sayur atau buah setiap hari rabu. Selain itu, dilakukan pula edukasi gerakan PHBS mulai dari pemilahan makanan, cara menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan tubuh seperti mengajarkan cara cuci tangan yang baik dan benar hingga menjaga kebugaran tuhuh melalui olahraga. Wih keren banget yah, Kawan Muda!.

Tidak hanya murid SD Negeri Karangbesuki 1, kelompok PMM ini juga mengajak wali murid dalam menjalankan program ini dengan memberikan edukasi mengenai pemenuhan gizi pada anak agar nantinya kegiatan ini tidak hanya berlaku di sekolah saja tapi juga di rumah dan dimanapun. Tak lupa kelompok PMM ini meninggalkan bukti nyata pengabdiannya dengan menanam pohon bersama siswa sebagai bentuk menjaga lingkungan!.

Kelompok PMM yang berisikan Amelia Oktriawati 202110410311060 (Farmasi), Kirana Leo Fadila 202110360311141 (Hubungan Internasional), Maura Azzahra Rahmatullah 202110360311145 (Hubungan Internasional), Niken Putri Octadillah 202110360311159 (Hubungan Internasional), Rr. Khofifah Salma Maulidhina 202110360311162 (Hubungan Internasional), dengan dosen pembimbing Ririn Harini, S.Kep. Ns. M.Kep telah melakukan pengabdiannya dengan baik dan Kamu bisa mencontoh juga menerapkan di rumah yah, Kawan Muda!

Editor: Ainur Rizaldy S. (UC Didi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top