Peduli Lingkungan, Mahasiswa PMM UMM Lakukan Penanaman Bibit Pohon di Desa Mulyoagung

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan suatu agenda wajib yang dilakukan oleh seluruh Mahasiswa/i aktif, dimana kegiatan ini berbobot 4 (empat) SKS (Satuan Kredit Semester) secara terstruktur tanpa adanya batasan masa studi. Pada kali ini, Kelompok 55 Gelombang 8 PMM Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan PMM Bhaktiku Negeri di Desa Mulyoagung. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Adapun anggota kelompok 55 gelombang 8 yang beranggotakan 5 orang dari Fakultas Hukum UMM, di antaranya Dava Reihan Saputra, Aldo Ramadani Djawas, Satria Candra Hidayat, Nathania Martha Cahyaning Sukma dan Muhammad Wildan Ramadhan Adzimi, dengan di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang bernama Ibu Ni’matuzahroh, S.Psi., M.Si., Ph.D.

Nah Kawan Muda tau ngga sih tanpa kita sadari, bumi yakni tempat tinggal kita semakin menua. Hal ini dapat kita lihat dari SDA (Sumber Daya Alam) yang semakin hari semakin menipis serta polusi udara yang tiap harinya juga semakin meningkat. Bahkan, manusia tidak dapat bertahan hidup jika minimnya pohon di lingkungan sekitar. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya suatu kerusakan, kelompok 55 gelombang 8 berdasarkan dari tema yang diangkat yakni, menciptakan lingkungan yang bersih melakukan suatu kegiatan program kerja utamanya yaitu, peduli lindungi dengan menanam bibit pohon di Desa Mulyoagung sebanyak 6 (enam) bibit pohon yang ditanam di beberapa titik di sekitar Desa Mulyoagung.

Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok 55 gelombang 8 pada tanggal 10 Februari 2024. Penanaman 6 (enam) bibit pohon ini dilakukan karena di salah satu lahan yang tersedia oleh pihak Desa Mulyoagung tersebut didapati kurangnya pohon pada lingkungan sekitar. Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan udara yang semakin panas, meningkatnya pencemaran udara yang mana dapat menimbulkan penyakit bagi masyarakat setempat Desa Mulyoagung. Adanya kegiatan peduli lingkungan yang Kelompok 55 Gelombang 8 lakukan ini, maka hal-hal yang sekiranya akan merusak lingkungan dapat tercegah.

Kawan Muda, jadi adanya tujuan dari kegiatan ini adalah agar terciptanya lingkungan yang hijau, meminimalisir atau mengurangi polusi udara, terciptanya lingkungan sekitar Desa Mulyoagung yang indah, suhu dan kelembaban menjadi terkendali, banjir ataupun bencana alam lainnya menjadi tercegah.

Terdapat adanya sebuah harapan yang besar dalam kegiatan program kerja yang dilakukan oleh Kelompok 55 Gelombang 8 ini. Harapan tersebut adalah masyarakat Desa Mulyoagung dapat menjaga dan merawat keenam bibit pohon tersebut. Bahkan, kelompok 55 gelombang 8 memiliki harapan jika masyarakat Desa Mulyoagung bisa mencontoh kegiatan program kerja yang telah dilakukan oleh kelompok 55 gelombang 8. Wahh…, sangat keren sekali ya Kawan Muda, program kerja yang telah dilakukan oleh kelompok 55 gelombang 8 ini, yang tentunya akan membawa dampak yang sangat positif terhadap bumi kita.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top