Pemberdayaan Anak Panti Perempuan di Tengah Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19 atau Krisis Iklim Panti Asuhan As Salam Shobur

Written by on August 2, 2022

Setelah melakukan rangkaian kegiatan membuat pupuk organik dari daun kering dan air cucian beras, pada tanggal 4 Juli 2022, kelompok 5 gelombang 5 PMM Bhaktiku Negeri kembali melanjutkan kegiatan dengan agenda menanam menggunakan pupuk yang telah dibuat bersama sebelumnya. Kegiatan kali ini masih dilakukan di halaman depan Panti Asuhan As Salam Shobur. Tujuan kegiatan kali ini adalah agar anak-anak panti dapat menerapkan penghijauan dan selalu menjaga lingkungan, dengan tidak merusak tanaman baik di tempat umum maupun di lingkungan rumah, selain itu, kegiatan penghijauan ini dapat memberikan peluang terjaganya iklim dunia agar tetap stabil. Hal kecil seperti ini memang perlu dimulai sejak dini, karena di usia-usia inilah karakter akan terbentuk. Dengan menerapkan hal-hal baik sejak kecil, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sadar lingkungan ketika dewasa.

Dalam kegiatan kali ini, semua anggota masih turut berkontribusi, yaitu Farrell Martiza Pambudi, Ajeng Laila Syafitri Djibran, Ridha Nabilah Alhidayah, Adila Rizki Melina Dwi Sentani serta Anugrah Dista Anggoro Putra. Di kegiatan awal, kelompok 5 beserta anak-anak panti menyiapkan pupuk yang sudah jadi, kemudian mulai memilah pupuk yang sudah lapuk dan layak pakai, serta pupuk yang belum siap untuk digunakan. Setelah itu, dilanjutkan dengan menyiapkan media tanam yang meliputi, pot bunga, tanah juga bunga atau tanaman hias. Setelahnya, anggota PMM kelompok 5 memberi arahan pada anak-anak panti, untuk memindahkan tanaman yang sebelumnya masih terbungkus plastik hitam agar dipindahkan ke dalam pot, sebelum akhirnya di tutup dengan pupuk organik di bagian atas.


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



[There are no radio stations in the database]