Mahasiswa PMM UMM 144 dan Guru TK Mengadakan Kegiatan Pembuatan Eco Enzyme bersama Wali Murid di TK ABA 20 Dau

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Program pengabdian masyarakat mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 144 gelombang 6 yang beranggotakan 5 orang mahasiswa, yaitu Hilma Setyaning Zahroh, Morinda Virsa Sakinh P.A, Sevilla Dea, Reynhard Erlangga, dan Anggit serta dosen pembimbing M. Khoirul Fuddin, S.E, M.E.

Foto anggota kelompok PMM UMM 144 dengan Guru TK ABA 20 DAU
 

Kegiatan PMM dilaksanakan pada Senin, 22 Agustus 2023. Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) merupakan program pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Mahasiswa PMM kelompok 144 melakukan kegiatan pembuatan eco enzyme di TK ABA 20 Dau. Eco enzyme sendiri merupakan larutan atau cairan multifungsi yang berasal dari proses fementasi sampah organik seperti kulit buah dan sisa sayuran.

Dalam kegiatan pembuatan eco enzyme ini perlu menyiapkan alat dan bahan, yaitu sampah organik dapat berupa kulit buah atau sisa sayur mentah, molase atau gula merah, dan air. Perbandingan yang digunakan untuk membuat eco enzyme adalah 1:3:10 yang mana angka 1 untuk lokasi atau gula merah, angka 3 untuk sampah organik, dan 10 untuk air.

Eco enzyme memiliki banyak manfaat seperti untuk menyembuhkan luka dari luar, sebagai cairan pembersih, mengusir hama, dan lain-lain. Eco enzyme juga memiliki manfaat bagi lingkungan sebagai bentuk pengurangan sampah di sekitar lingkungan.

Proses kegiatan pembuatan Eco Enzyme bersama Wali Murid TK ABA 20 DAU
 

Dalam kegiatan pembuatan eco enzyme para wali murid menyambut dengan baik kegiatan ini. Para wali murid juga merasa antusias ketika mengikuti kegiatan pembuatan eco enzyme. Kelompok 144 dan para guru berharap dengan adanya kegiatan ini, para wali murid dapat membuat eco enzyme dirumah sebagai langkah awal memanfaatkan sampah organik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top