Upaya Pengembangan dan Pemasaran UMMKM dalam Menjaga Perekonomian Masyarakat Desa Bangunjiwo

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Pengabdian kali ini datang dari kelompok 52 gelombang 5 dengan dosen pembimbing mata kuliah yaitu bapak Risky Angga Pramuja, SE., M.Ec.Dev. Kegiatan kali ini yaitu “Sosialiasi Pemasaran dan Promosi Produk di Pasar Internasional” yang dilakukan langsung di Desa Kajen, Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan PMM ini dilaksankan dari tanggal 29 dan 30 Januari 2024 dengan berbagai rangkaian kegiatan, yang diawali dengan melakukan survei kepada UMKM dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada UMKM Banguunjiwo, apakah mereka sudah melakukan pemasaran dan penjualan diluar negri. Selanjutnya keompok 52 gelombang 5 melakukan sosialisasi dengan cara menjelaskan cara penguplodtan dan sistem kerja website serta proses pengiriman. Lalu dilanjutkan dengan memberitahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk promosi dan pemasaran diluar negri, salah satunya yaitu foto produk, spesifikasi dan juga ukuran. Terkahir yaitu menjelaskan cara untuk melakukan penjualan di beberapa web seperti Go4word, Exporthub, Stonecontact.

Kelompok 52 gelombang 5, yang turut aktif dan berpartispasi dalam kegiatan ini terdiri dari lima orang anggota yaitu, Muchsin Wildan (202110160311037) sebagai ketua dari kegiatan PMM kelompok 52 gelombang 5 ini, Derhil Dwi Lutfhi (202110160311022), M Ilham Al-Fajar (202110160311029), Maulana Ardiansyah (202110160311046 ), Bryan Khalish (202110160311202). Para mahasiswa ini berasal dari program studi Manajamen.

Kawan Muda, tahu tidak sih tujuan dari kegiatan ini? Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan UMKM di Desa Bangunjiwo terkait pemasaran dan promosi produk di pasar internasional, untuk mengenalkan dan menambah konsumen dari berbagai negara dan kebanyakan UMKM, tidak menyadari itu sebab harga yang ditawarkan untuk pasar luar negeri jauh diatas harga untuk dipasaran indonesia. Wahh… sangat menarik sekali ya Kawan Muda, pengabdian yang telah dilkasanakan oleh kelompok 52 gelombang 5 ini, semoga dengan adanya kegitan ini UMKM yang ada di Desa Bangunjiwo bisa lebih maju dan berkembang lagi diluar negri.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top