Ketahuilah Manfaat 3M di Musim Hujan dalam Pencegahan DBD

Bicara soal kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, memang tidak ada habisnya, kali ini kegiatan tersebut datang dari kelompok 55 gelombang 3 dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini diampu langsung oleh dosen mata kuliah yaitu bapak Dr. Dana Marsetiya Utama, S.T., M.T (Dosen Teknik Industri).

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mensosialisasikan cara mencegah pertumbuhan dari jentik-jentik, yang nantinya jentik-jentik ini akan menjadi nyamuk Aedes Aegypti atau yang biasanya kita kenal sebagai nyamuk demam berdarah (DBD), selain itu juga untuk mencegah Dangue Fever dan juga sebagai awal hidup sehat serta lingkungan yang bersih. Karena jika lingkungan kita bersih, nyamuk-nyamuk akan susah untuk berkembang biak.

Proses menejelaskan mengenai DBD

Kegiatan ini dilakukan pada 19 Januari hingga 19 Februari yang dilaksanakan langsung di SDN Mojolangu 2 Lowokwaru, Malang. Kegiatan ini diawali dengan mempresentasikan kepada siswa siswi SDN Mojolangu 2, tentang tata cara 3M yaitu Menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk dan juga sarang nyamuk. Setelah itu menampilkan seputar video tentang bagaimana penanganan utama dari dangue fiver ini, tujuannya agar para siswa siswi dapat mempraktikannya jika terkena Dangue Fiver. Selanjutnya yaitu memberikan tanya jawab seputaran dengue fiver dan juga seputaran mengenai 3M. Lalu diakhiri dengan sesi memberikan hadiah kepada siswa siswi SDN Mojolangu 2 kepada siswa siswi yang bisa menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh mahasiswa kelompok 55 gelombang 3 mengenai dangue fiver.

Anggota dari keompok 55 gelombang 3, yang turut aktif dalam kegiatan ini yaitu terdiri dari lima orang anggota yang terjun langsung kelapangan, Bryan Rizky Maulana (Teknik Informatika), Nur Dina Farisa K. (Ilmu Keperawatan), Nandira Aisyah A. M (Ilmu Keperawatan), Hanifah Alfyana Luthfi (Ilmu Keperawatan), Reza Mochammad (Ilmu Komunikasi). SDN Mojolangu 2 juga turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan juga seru, dikarenkan siswa siswinya mengikuti dengan baik proses dari pengabdian masyakarat oleh mahasiswa ini dalam penanganan pencegahan demam berdarah di musim penghujan.

Kawan Muda, sangat menarik sekali ya pengabdian yang telah dilakukan oleh kelompok 55 gelombang 3 ini mengenai penanganan serta informasi terhadap pencegahan DBD kepada siswa siswi SDN Mojolangu 2 di musim penghujan ini, yang rawan akan terkena penyakit dari dangue fiver.

Editor: Fadhila Naili Z. (UC Neli)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top