Yakin Jemuran Kamu Masih Wangi

foto : Search google.com

Halo, Kawan Muda! Ngerasa ga si hujannya sering turun. Apalagi sekarang hujannya nggak bisa diprediksi bakalan turun pagi, siang, sore, ataupun malam. Jadi susah ga sih buat pastiin jemuran Kamu keringnya kapan? Huhu sama banget nih, Ume juga. Udah keringnya lama, bau apek pula. Kalau mau laundry kadang sayang uang hehehe. Jadi, Kawan Muda yang punya masalah  yang sama kayak Ume, di sini Ume bakalan kasih bocoran sedikit soal gimana sih biar pakaian tetap wangi di era gempuran hujan tiada henti ini.

Pisahkan pakaian berdasarrkan warna dan nodanya

Pertama, Kawan Muda bisa pisahin dulu nih pakaian yang mau dicuci sesuai warnanya, kira-kira bakalan luntur nggak kalau dicuci. Kalau sekiranya pakaian itu gampang buat luntur lebih baik dipisah aja biar nggak ngerusak baju yang lain. Oh iya, pakaian yang ada nodanya juga lebih baik dibersihkan dulu sebelum dicuci biar nodanya hilang dan nggak tambah melebar ke pakaiannya.

Pakai air yang jernih dan bersih

Salah satu rahasia pakaian bersih kayak dicuci di laundry itu karena airnya yang juga bersih loh Kawan Muda. Jadi, hindari pemakaian air secara berulang waktu mencuci pakaian ya. Pisahkan juga air untuk memcuci dan membilas pakaian supaya kebersihannya terjaga.

Jangan rendam pakaian terlalu lama!

Hayo, siapa yang sukanya ngerendam pakaian terus ditinggal ke kampus buat kelas dulu? Terus pulang-pulang waktu mau dibilas baunya malah apek padahal udah direndam pake pewangi pakaian hahaha itu salah satu kesalahan waktu mencuci pakaian Kawan Muda. Pakaian hanya butuh direndam selama 10 sampai 15 menit aja nih biar nggak bau. Ternyata, pakaian yang bau setelah dicuci disebabkan oleh bakteri. Bakteri mudah berkembang biak saat baju bernoda dan berada lama di dalam air, so Kawan Muda kalau lagi ngerendam pakaian jangan ditinggal lama-lama lagi yaa.

Gunakan detergen dan pewangi pakaian secukupnya

Kawan Muda pasti tahu kalau segala yang berlebihan itu nggak baik, begitu juga penggunaan detergen maupun pewangi pakaian saat mencuci nih. Selain menimbulkan dampak yang buruk buat pakaian itu sendiri, biasanya juga berdampak ke kulit Kawan Muda yang mengelupas.

Segera jemur pakaian yang telah dicuci

Nah, menunda-nunda buat jemur pakaian ini juga sering kali terjadi. Padahal pakaian yang dibiarkan setengah kering di tempat yang tidak terbuka memungkinkan bau apek itu datang Kawan Muda. Jadi, segera jemur pakaianmu di tempat dengan sirkulasi yang baik ya.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Ananda Fatma Alfira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post